Tugas Akhir/Proyek Akhir
ANALISIS ANTRIAN PENUMPANG DI DALAM TERMINAL DOMESTIK BANDAR UDARA SULTAN ISKANDAR MUDA PADA MASA PANDEMI COVID - 19
Bandar Udara Sultan Iskandar Muda adalah bandara terbesar di provinsi Aceh.
Peningkatan jumlah penumpang pesawat yang mengakibatkan terjadinya antrian
penumpang. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja
pelayanan dalam mencapai kepuasan penumpang, mengetahui kondisi existing, dan
tingkat intensitas pelayanan pada setiap fasilitas pelayanan keberangkatan
penumpang. Penelitian ini dilakukan pada 4 pelayanan yaitu tahap pelayanan
pemeriksaan dokumen penumpang, tahap pelayanan check-in, tahap pelayanan
x-ray, dan tahap pelayanan boarding pass. Metode yang digunakan pada penelitian
ini adalah survey lapangan dan observasi, untuk mendapatkan sampel penumpang
berdasarkan barang bawaannya dan waktu pelayanan. Hasil analisis penelitian
menunjukan waktu penumpang dalam antrian pada Pemeriksaan Dokumen yaitu
0,4 menit/orang, pada Counter Check-in 0,3 menit/orang, pada X-ray 8,06
menit/orang, dan pada Boarding pass 0,5 menit/orang. Waktu elayanan pada
Pemeriksaan Dokumen dengan waktu pelayanan 30 detik/orang, Counter Check-in
dengan waktu pelayanan 2,31 menit/orang, X-ray dengan waktu pelayanan 1,8
menit/orang, dan Boarding pass dengan waktu pelayanan 40 detik/orang. Hasil
tingkat intensitas pelayanan (Ï>1) pada pemeriksaan Dokumen (0,43 < 1), Counter
Check-in (0,31 < 1), X-ray (0,82 < 1), dan Boarding pass (0,44 < 1). Berdasarkan
hasil perhitungan, tingkat intensitas pelayanan tertinggi pada tahap pelayanan
X-ray (0,82 < 1). Dari hasil pengamatan dan hasil analisis antrian, faktor yang
menyebabkan Panjang Antrian adalah keterlambatan penumpang untuk melakukan
pelayanan di dalam terminal dan juga faktor barang bawaan penumpang.Untuk saat
ini fasilitas pelayanan sudah sangat mendukung dan masih cukup layak untuk
melayani penumpang, karena hasil analisis antrian menunjukkan tingkat pelayanan
lebih tinggi dari tingkat kedatangan penumpang (μ > λ) atau (Ï > 1).
Kata Kunci: Terminal Keberangkatan, Analisis Antrian, Teori Antrian,
Intensitas Pelayanan.
Tidak tersedia versi lain